Mendebat Karena Ego

Kalau tujuan berdebat untuk menampilkan ego nampaknya sia-sia saja, artinya itu jauh dari ajaran agama yang mengajarkan berlomba-lomba melakukan kebaikan, bukan berlomba-lomba mendebat tulisan-tulisan yangg tidak sesuai dengan apa yang dipahaminya.. apalagi memaksa dan menyudutkan bahwa,

"Kamu melaknat Sahabat kan?!!!, ayo ngaku kamu jangan taqkiyah" 
"Kamu doyang mut'ah kan? dasar syionthan tukang mut'ah berkedok agama", 
"Kamu mau menghancurkan NKRI kan?, kamu bahaya, sedikit saja jumlahnya sudah macam-macam apalagi kalau sudah besar"  
Dan lain-lain.. silahkan tambahkan sendiri tuduhan-tuduhan keji dan hal-hal yang menyudutkan yang sepertinya tidak ada niat baik, malah harus ada yang tertuduh, wajib ada yang dipojokkan, padahal Islam itu menyejutkan, merangkul semua kalangan. 

Tahukah anda paham apa yang bisa menghancurkan suatu Negara?, tak lain adalah sikap INTOLERANSI yang memaksakan pemahamannya dan merasa paling benar, dan hal ini bisa dikatakan sebagai NABI SWASTA atau malah jangan-jangan ingin menjadi Tuhan, Nauzubillah.. 
Mereka teriak-teriak meluruskan (memurnikan) agama tapi dengan cara-cara kekerasan, Mereka teriak-teriak Tauhid tapi nyatanya mereka sebenarnya belum bertauhid, karena Tauhid itu tidak gusar dengan perbedaan, kata kuncinya yaitu manusia ini makhluk beragam dan relatif sementara Tuhan itu Esa atau tak ada yang menyamainya, maka sesama relatif wajib saling menghormati, tak perlu gusar, tak perlu galau, dan tak perlu menonjolkan diri bahwa Anda sangat Islami, 
Tunjukkanlah itu dalam kehidupan bersosial, keadilan sosial. karena orang beragama adalah orang yang peduli sesama, bukan mencari-cari kesalahan keyakinan orang lain lalu mendebatnya dan lebih ekstrim menghukumnya, padahal yang berhak menghukum hanyalah ALLAH SWT... Lillahi...

Coba renungkan mengapa banyak orang-orang yang melakukan perdebatan untuk menyenangkan egonya?, dan kita bisa dapati itu di media sosial serta di kehidupan nyata, lingkungan sekitar kita. dan itu bagaikan tsunami yang terus menyerobot. Coba renungkan kenapa begitu? 

Dan ketahuilah bahwa orang-orang dengan ego yang tinggi takkan pernah berhenti untuk mendebat, hanya maut yang akan menghentikan kegusarannya, perdebatannya serta egonya pun tak berguna lagi setelah maut menghampirinya..

Wallahualambishowab.. 
Mari kita saling mendoakan semoga kita termasuk orang-orang dengan ego yang rendah, ego yang bisa dikendalikan dan bertujuan pada Allah semata, musuh terbesar kita bisa muncul dari dalam.. 




0 komentar:

Posting Komentar

Mendebat Karena Ego